Pengertian Lipoma Dalam Bahasa Indonesia



Lipoma adalah benjolan lemak yang tumbuh lambat, yang paling sering terletak di antara kulit Anda dan lapisan otot yang mendasarinya. Lipoma, yang terasa pucat dan biasanya tidak empuk, mudah bergerak dengan sedikit tekanan jari. Lipoma biasanya terdeteksi di usia paruh baya. Beberapa orang memiliki lebih dari satu lipoma.

Lipoma bukan kanker dan biasanya tidak berbahaya. Pengobatan umumnya tidak diperlukan, tapi jika lipoma mengganggu Anda, terasa sakit atau sedang tumbuh, Anda mungkin ingin menghilangkannya.

Lipoma bisa terjadi dimana saja di dalam tubuh. Lipoma adalah:
Terletak di bawah kulit Anda. Mereka umumnya terjadi di leher, bahu, punggung, perut, lengan dan paha.

Lembut dan pucat sampai disentuh. Mereka juga bergerak dengan mudah dengan sedikit tekanan jari.
Umumnya kecil. Lipoma biasanya berdiameter kurang dari 2 inci (5 sentimeter), namun bisa tumbuh.

Terkadang menyakitkan. Lipoma bisa menyakitkan jika tumbuh dan menekan saraf terdekat atau jika mengandung banyak pembuluh darah.
Kurang sering, beberapa lipoma bisa lebih dalam dan lebih besar dari lipoma biasa

Penyebab Lipoma

Penyebab lipoma tidak diketahui. Lipoma cenderung berjalan dalam keluarga, sehingga faktor genetik kemungkinan berperan dalam perkembangannya.

Faktor Risiko

Beberapa faktor dapat meningkatkan risiko pengembangan lipoma, termasuk:
Berada antara usia 40 dan 60 tahun. Meskipun lipoma dapat terjadi pada usia berapapun, mereka paling sering terjadi pada kelompok usia ini. Lipoma jarang terjadi pada anak-anak.
Memiliki kelainan tertentu. Orang dengan gangguan lain, termasuk adiposis dolorosa, sindrom Cowden dan sindrom Gardner, memiliki peningkatan risiko multiple lipomas.
Genetika. Lipoma cenderung berjalan dalam keluarga.

Tes Dan Diagnosis
Untuk mendiagnosis lipoma, dokter Anda mungkin melakukan:

Sebuah Ujian Fisik
Penghapusan sampel jaringan (biopsi) untuk pemeriksaan laboratorium
Tes ultrasound atau pencitraan lainnya, seperti MRI atau CT scan, jika lipoma berukuran besar, memiliki fitur yang tidak biasa atau tampak lebih dalam daripada jaringan lemak.

Ada kemungkinan kecil bahwa benjolan menyerupai lipoma sebenarnya bisa menjadi bentuk kanker yang disebut liposarcoma. Liposarcomas - tumor kanker pada jaringan lemak - tumbuh dengan cepat, jangan bergerak di bawah kulit dan biasanya terasa sakit. Biopsi, MRI atau CT scan biasanya dilakukan jika dokter Anda mencurigai adanya liposarcoma.




Facebook Comment